Rabu, 15 Desember 2010

Insya Allah

Teman : "Gus, ntar dateng ya ke ulang tahun gw"
Saya : "Ok, Insya Allah ya!"
Teman : "Kok gitu sih? Gak asik lo ah!"
Saya : "Lho, kan gw bilang Insya Allah, Insya Allah gw dateng"
Teman : "Ya, jangan Insya Allah dong, lo harus janji bin kudu bin wajib"


Sedih deh, makna Insya Allah banyak diartikan salah sama orang. Orang sering menyamakan Insya Allah : Liat nanti ya, gimana ntar deh, 50 : 50, gak janji ya, dll

Padahal arti Insya Allah itu sendiri adalah Jika Allah menghendaki. Misal kita punya keinginan untuk lulus ujian, terus kita belajar mati-matian biar nilainya gak jelek, terus orang tua kita bilang Insya Allah kamu lulus ujiannya, tapi pas pengumuman ternyata kita gak lulus. Nah orang tua bilang Insya Allah kita lulus tapi ternyata gak lusus, artinya kita udah berusaha semaksimal mungkin tapi kembali lagi Allah yang menentukan.

Sebagai manusia kita hanya bisa berencana dan berikhtiar, tapi kembali lagi Allah yang menentukan hasilnya. Jadi kalo disederhanain arti Insya Allah adalah 99,99% PASTI / JANJI, nah yang 0,01% adalah faktor lain yang merupakan kehendak dari Allah SWT.

Insya Allah, semoga bermanfaat

0 comments: